Saya Kasihan SBY

Jujur,saya kasihan pada sosok Susilo Bambang Yudoyono,yang sering disingkat panggilannya dengan “SBY”.Semalam ada “keterangan pers pelurusan”,angaplah demikian Sebagai Presiden Republik Indonesia sayapun bertanya tanya ,sepenting apakah sehingga telah beberapa kali seorang presiden menanggapi acara program media Televisi Swasta “Metro Realitas”.Acara Metro Realitas,sendiri mengupas tentang wawancara seorang wartawan dengan Antasari Azhar,mantan ketua KPK yang divonis 18 tahun karena kasus  “perencanaan pembunuhan” demikian yang saya ketahui pada sosok Antasari Azhar.
Mari kita sedikit mengingat ada pertemuan tanggal 6 Oktober 2008,di gedung Setneg dihadiri Kadin,Ekonom dan media masa.dilanjut tanggal 9 Oktober 2008,tujuannya bertukar pikiran tentang antisipasi jika mengalami krisis dinegri ini,demikian SBY .Konferensi Pers diadakan malam tanggal 15 Agustus 2012,SBY menyebut Metro Tv,kali ini saya teringat akan tayangan Metro Tv pada program Metro Realitas,sosok yang tampil Antasari Azhar.Namun ada yang menarik jika tak keliru ini adalah kali kedua SBY bersuara tentang hal wawancara tersebut,malam ini “khusus” karena secara resmi pula dilakukan di Istana Negara. “Saudara-saudara politik itu memang punya banyak cara, tapi pilihlah cara yang patut dan beretika. Menyebarkan berita tidak benar atau bohong bukanlah politik yang baik," papar SBY.Menyinggung Politik saya ingat Metro Tv mungkin terkait owner Metro Tv yang saat ini telah mendirikan sebuah Partai Politik baru .
Atas Nama Tuhan  
“Kalau kita mempermainkan Kebenaran sama saja kita mempermainkan Tuhan”
Saya katakan di hadapan Allah SWT, sama sekali tidak ada. Tidak ada yang menyinggung soal Bank Century. Apalagi membahas yang namanya bail out," ujar Presiden dalam konferensi pers di Istana Negara, Rabu (15/8/2012) malam.Presiden mengatakan, pertemuan tersebut tidak membahas rencana bail out Century, tetapi konsultasi dengan auditor dan penegak hukum mengenai bagaimana mengantisipasi kemungkinan datangnya krisis ekonomi.Sebelumnya, Presiden menyatakan bahwa Metro TV, dalam sebuah acara, mengangkat wawancara dengan mantan Ketua KPK Antasari Azhar yang mengatakan bahwa awal Oktober 2008, Presiden SBY memimpin pertemuan yang dikatakan di dalamnya membahas bail out Bank Century."Inilah yang akan saya luruskan karena berita ini di samping tidak benar juga menyesatkan," ujar Presiden.
Terus terang saja saya mendengar seorang presiden untuk bersumpah,menegaskan hal yang tak benar,menjadi tanya sebenarnya ada apa,dan mengapa sampai pernyataan seorang terpidana 18 tahun bisa ditanggapi secara reaktif sekali.Malam itupun saya mencari video Metro Realitas dan berulang kali saya putar,Setelah memperhatikan tak ada kalimat Antasari Azhar yang menyatakan bahwa pertemuan tanggal 9 Oktober 2008 membicarakan bail out Century.

Jadi apa gunanya bersumpah bahkan atas nama Tuhan,saya yakin sampai langit ke tujuh belaspun sumpah itu tak akan ada efeknya.Objek yang menjadi sumpah memang benar benar tak ada korelasinya.Metro Tv,Antasari Azhar benar dan SBY ,benar menjadi aneh saja jika mengucapkan sumpah tanpa ada objek yang jelas.

Akhirnya sebagai rakyat umumnya saya merasa kasihan pada Susilo Bambang Yudoyono atau yang sering di sebut “SBY”.Hanya saran saja saya sampaikan,agar kelak SBY jangan terlalu reaktif menanggapi  sesuatu jika menyangkut diri sendiri ,keluarga atau kelompok terdekatnya. Indonesia butuh pemimpin yang dapat mengenal secara benar “anatomi masalah” sehingga tepat pula membuat keputusan untuk kemaslahatan banyak orang.Membayangkan konferensi pres yang dilakukan tanggal 15 Agustus 2012 malam,saya menjadi ragu kemampuan SBY,bagaimana mengatasi masalah  negara yang menyangkut orang banyak,sedangkan yang dialami & menyangkut diri sendiri tak tepat dalam bereaksi,seperti apa yang diungkapkan pada konferensi pers kemarin malam.
Terakhir saya berharap pada  Susilo Bambang Yudoyono tak usah reaktif jika Antasari Azhar bohong sebab : “Kebohongan itu butuh konsistensi”.

Jika rekaman rekaman media masa dapat ditayangkan kembali sejak tahun 2008-2012 tentang Kasus Bank Century maka mungkin SBY akan tahu apa yang saya maksudkan ketidak konsistensian ucapan.

This entry was posted in